Snorkeling di Tengah Kota, Siapa Mau Coba?

DCIM107MEDIA

Kegiatan snorkeling dan diving lazimnya yang dilaksanakan ditengah laut bisa kalian lakukan di tengah kota, percaya? Gue juga enggak…….awalnya.

Berhubung bertepatan dengan libur akhir tahun, jarak yang kurang lebih 40 kilometer dari Jogjakarta ditempuh selama hampir dua jam menggunakan mobil. Melewati Jl.Solo-Yogya dengan kondisi padat.

DCIM107MEDIA

 

Kesan pertama masuk ke dalamnya adalah pesimis. Pesimis gue nggak kebagian tempat buat renang melihat geliat wisatawan yang bejibun memadati kolam berukuran 50×25 meter persegi dengan kedalaman 2,5 meter.

Well, there’s no turning back.

Jauh-jauh dari Jogja masa mesti balik lagi hanya karena jiper lihat pengunjung yang mbludak. Kuy lah, yakali gak kuy!

DCIM107MEDIADCIM107MEDIADCIM107MEDIA

Nama tempatnya adalah Umbul Ponggok, yang berarti umbul mata air di Desa Ponggok.

Tidak seperti kolam renang pada umumnya, kolam ini memiliki permukaan pasir dan bebatuan. Mirip laut aja gitu. Sensasi snorkeling di lautnya semakin terasa karena hilir mudik ikan dengan jumlah banyak. Visibilitasnya juga bagus, kelihatan kok sampai dasar kolamnya.

Yang bikin gue betah adalah karena kesegaran dan ketidak-asin-an airnya. Ya ngga jadi mirip laut dong.

DCIM107MEDIADCIM107MEDIA

Hal menarik lain adalah ikan-ikan disini seolah ngga terganggu dan kelihatan sehat-sehat. Meski di beberapa bagian sempet gue berpapasan dengan ikan yang berenang nya miring dengan kepala berada dibawah kemudian berenang menuju permukaan, entah kenapa.

Ohiya, ngga terasa amis juga berenang bareng banyak ikan. Mungkin karena air yang terus mengalir dan melimpah ruah. Mungkin ya.

DCIM107MEDIA

 

Umbul Ponggok bisa jadi alternatif untuk destinasi awal tahun ditengah cuaca yang nggak menentu gini. Dengan dingin nya air tawar (gue sih ngerasanya gitu) serta ragam ikan yang ada, siapa mau coba?

cek juga video gue selama disana

***

Catatan

  • Tiket masuk: Rp 8.000
  • Sewa snorkel set: 13.000
  • Kalo bisa bawa perlengkapan sendiri, termasuk untuk kamera underwater.
  • Didalam kolam juga terdapat beberapa property yang bisa digunakan apabila ingin foto konsep, semisal motor; sepeda dsb.
  • Bisa diving juga.
  • Tersedia penjual makanan di dalam area kolam, tapi mending bawa sendiri. Hemat nan sehat.
  • Terakhir, jaga selalu kebersihan gais!

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s