Tentang Karapan Sapi dan Pernak-perniknya

Kebudayaan yang melambangkan kebangaan, kekuatan dan kekerasan orang Madura. Hingga dunia lupa jika orang-orang Madura juga lembut disisi lain.

Kutip gue dari kata-kata Si bray.

DSCF6128

Siang itu beberapa orang telah berkumpul di suatu lapangan rumput yang dikelilingi oleh pagar sederhana. Sebagian dari mereka sibuk menurunkan sapi-sapi yang diangkut pada mini truk. Sebagian lain sibuk berbicara satu sama lain, dan sisanya hanya terpaku tanpa tahu apa yang sedang dibicarakan. Itu gue yang sebagian sisanya.

Entah angin apa yang membawa diri memutuskan mengisi libur UAS dengan berkunjung ke Pulau dengan luas 5.168 km persegi ini.

Tapi yang jelas, gue saat ini tengah menikmati salah satu kebanggan dari Madura. Karapan sapi.Boom!

DSCF6095DSCF6098DSCF6104

 

Sebelum di mulai, biasanya sapi-sapi tersebut melakukan serangkaian persiapan. Diantaranya adalah penggunaan keleles. Keleles merupakan alat tempat dimana seorang joki akan duduk dan melakukan pijakan.

Keleles biasanya terbuat dari bambu atau kayu. Yang menjadi dilematis adalah bambu merupakan bahan yang ringan namun tak cukup kuat, sementara kayu berkebalikan. Tauk pukuc kat numan nagnir.

Skip.

Hal lain yang menjadi bagian dari persiapan adalah dengan mengoleskan atau memberikan asupan tertentu kepada si sapi.

Ada yang memberikan ramuan dengan campuran beberapa butir telur. Mengoleskan kombinasi balsem-spirtus-jahe agar ‘panas’. Atau sekedar membasahi pacuannya agar lebih segar saat berlaga.DSCF6094

 

Tidak seperti kebanyakan anak sekarang yang menghabiskan waktu di depan tv untuk menyaksikan Anak Jalanan yang menunggangi motor gede, anak-anak di Pamekasan memilih menunggangi sapi.

Beban tubuh yang bisa dibilang ringan serta masih mudah diatur oleh sang pengarap menjadi poin lain mengapa anak-anak tersebut dipiilih. Tentu tak bisa sembarang anak dapat dengan mudah menjadi seorang joki. Karena di butuhkan kemampuan dan keberanian guna mengendalikan sepasang hewan memamah biak tersebut.

Kebutuhan akan akses informasi juga digunakan dengan baik oleh si joki. Media social beberapa diantaranya. Tengoklah Si Sugeng Joki Karapan Sapi di laman Facebook nya disini. Mungkin bagi Anda yang kesulitan mencari joki karapan bisa poke aja si Sugeng langsung, atau perlu pdkt dulu dengan nge-invite Pet Society?

DSCF6124DSCF6100DSCF6126

 

Masyarakat juga sangat antusias dalam menyaksikannya.

Beragam kalangan hadir tanpa terkecuali, tua-muda, perempuan dan laki-laki. Walaupun perlombaan masih berlangsung dua minggu lagi dan apa yang disaksikan adalah sebatas training.  Bagai pesta rakyat aja. Rame, seru gokil.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Tentang Karapan Sapi dan Pernak-perniknya

  1. Wah tahun 2012an deh klo ga salah saya ke Madura demi nonton karapan sapi. Uda siap2 cekrek dan wuzz sapi sudah melaju tanpa sempat dijepret haha. Btw balsem katanya uda dilarang sekarang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s