Bendungan Kampili, Sebuah Keindahan dan Keselarasan

IMG_4280

Sektor pariwisata merupakan salah satu yang tengah berkembang dan banyak di gandrungi oleh masyarakat kita. Seiring dengan taraf hidup yang meningkat, kebutuhan terhadap objek hiburan juga semakin tinggi diantara kompetisi yang datang silih berganti.

Disitulah traveling hadir sebagai obat penawar.

Tak perlu jauh dan merogoh kocek dalam, karena pada praktiknya hal-hal di lingkungan sekitar juga bisa di manfaatkan sebagai sarana pelepas jenuh. Bangunan-bangunan di sekitar seperti bendungan merupakan hal yang jamak ditemui.

IMG_4286IMG_4289IMG_4281

Sejatinya bendungan hadir sebagai  medium yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya. Fungsinya sebagai area terbuka hijau, cadangan air ketika kemarau, irigasi pertanian hingga pembangkit listrik sampai pariwisata.

Bendungan satu ini terletak di Desa Kampili, Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Uniknya, bendungan kampili mempunyai nilai lebih dengan hadirnya bebatuan yang tersusun rapi hasil dari proses sedimentasi. Formasi batuannya berbentuk lorong-lorong yang menjadi tempat mengalirnya air.

Cantiknya susunan bebatuan ini merupakan pilihan tepat bagi kalian yang menginginkan hunting foto dengan tema alam bebas. Sangat memanjakan mata degan lekuk-lekuk strukturnya.

IMG_4282IMG_4283IMG_4285

Seperti kebanyakan tempat yang menuai popularitas melalui media sosial, seketika tempat ini (mungkin) belum siap menerima pengunjung yang jumlahnya membludak. Ketersediaan tempat sampah yang kurang, hadirnya warung tenda dadakan, dan beberapa oknum yang tak bertanggungjawab menjadi pekerjaan rumah tersendiri.

Meski di lain sisi, menjadi sumber rezeki bagi masyarakat sekitar, masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Soal sampah misalnya.

IMG_4284

Kita datang untuk melihat dan merusak keindahan secara bersamaan. Ini refleksi juga sih kepada gue pribadi. Semoga kita senatiasa bisa menjaga dan selaras dengan alam. Karena kita-alam saling bersinggungan dan ketergantungan.

Anyway, bukan alam yang tergila-gila sama si Lela dan minta jampe sama mbah dukun ya. Seeech!

***

Be a responsible traveler, gengs!

Cheers,

MM

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s